Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

7. Aturan Ketujuh : Dengar dan Jawab, Bukan Dengar dan Ulangi

lisen and answer
Pada aturan terakhir belajar English untuk meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) versi A.J. Hoge ini, akan diulas tentang metode latihan berbicara. Pada umumnya kita melakukan latihan speaking dengan mengulagi apa yang diucapkan oleh mentor atau juga teman yang diinstruksikan untuk membaca sebuah kalimat kemudian kita ulangi bersama-sama dengan pelajar yang lain. Bagi A.J. Hoge metode ini tidaklah efektif karena membuat pelajar kurang aktif dalam percakapan. akan berbeda hasilnya jika menggunakan metode dengar kemudian jawab.

Dengar dan Jawab

Metode dengar dan jawab inilah yang akan banyak dilakukan oleh para pelajar yang mengikuti metode belajar A.J. Hoge yang memang diperuntukkan secara khusus bagi pelajar yang ingin memiliki kemampuan berbicara (speaking) yang baik. Nantinya, pada setiap cerita pendek akan ada file audio dan juga ada file audio untuk latihan "dengar dan jawab" kemudian terakhir ada file audio untuk vocabulary. 

Sebagai informasi tambahan, kami memiliki koleksi file belajar versi A.J. Hoge yang dapat rekan-rekan dapatkan secara gratis. Caranya cukup dengan mengisi kemudian mengirimkan pesan kepada kami melalui form kontak.

Namun jika rekan-rekan memiliki dana yang cukup, alngkah baiknya jika mengikuti kelas beliau di Effortless English. Untuk besaran biayanya bisa rekan-rekan lihat di sana. Namun jika teman-teman ingin belajar gratis, silahkan pesan materinya pada kami. Hehe.. Untuk teknik belajarnya, kita bisa sharing sama-sama. Karena bukan hanya materi A.J. Hoge saja yang kami pakai dalam belajar, akan tetapi kami kombinasikan juga dengan materi lain seperti yang berasal dari Engvid, Rachel Pronunciation, Real English, dan lainnya.

Baiklah kawan, untuk penjelasan lebih detail tentang aturan "dengar dan jawab" ini, mari kita simak terlebih dahulu pada penyampaian A.J. Hoge berikut ini. (Videonya bisa juga rekan-rean saksikan di sini "Aturan 7 A.J. Hoge").

"Hai..
Hari ini adalah (tentang) aturan terakhir! Ingat, Saya menjanjikan Anda 7 Aturan. Hari ini adalah aturan nomor 7.
 Hari ini adalah aturan yang terakhir, dan ini adalah yang paling mudah.

Sebagian besar CD menggunakan metode "dengar dan ulangi". Pembicara berkata sesuatu dalam Bahasa Inggris, dan Anda mengulangi persis apa yang mereka katakan. Metode ini adalah sebuah (hal sia-sia yang akan berujung pada) kegagalan.

Aturan 7 : Sebuah Kisah Sukses (belajar) Bahasa Inggris.

Emi, seorang wanita Jepang, memiliki sebuah masalah. Bicaranya LAMBAT. Dia tidak mampu menjawab pertanyaan dengan cepat.
Jika Anda ingin memahami penutur asli, Anda harus berhenti belajar  dari kaset dan CD buku paket.

Emi mendengarkan banyak kaset dan CD Bahasa Inggris.
Emi (mengirimkan) email (kepada) saya. (kemudian) saya menyarankan (untuk menggunakan metode) “Dengar & Jawab”.

Saya mengatakan kepadanya untuk menggunakan “Dengar & Jawab” Cerita Pendek.
 Saya mengatakan padanya bahwa “dengar dan ulangi” belumlah cukup - ketika Anda mengulangi, Anda hanya menirukan pembicara. Tapi saat Anda mendengar sebuah pertanyaan dan Anda MENJAWAB-nya - Anda harus berpikir dalam Bahasa Inggris.

Setelah menggunakan pelajaran dengar dan JAWAB hanya dalam 4 bulan, bicaranya sudah cepat, mudah dan otomatis.

Emi senang sekali. Dia menulis :
“Pelajaran ini sangat LUAR BIASA! Saya menyukainya. (kemampuan) berbicara saya banyak lebih cepat sekarang. Saya paham dengan cepat dan sekarang saya mampu berbicara Bahasa Inggris tanpa berpikir.

Gunakan (Metode) Dengar & Jawab Pelajaran Cerita Pendek
Gunakan (Metode) Dengar & Jawab Pelajaran Cerita Pendek

Pada setiap Pelajaran Cerita Pendek, pembicara menceritakan sebuah cerita pendek sederhana. Dia juga bertanya banyak pertanyaan yang mudah. Setiap kali Anda mendengar pertanyaan, Anda jeda(berhenti sejenak) dan menjawab pertanyaan tersebut.

Anda belajar untuk menjawab pertanyaan dengan cepat - tanpa berpikir. Bahasa Inggris Anda menjadi otomatis.

Bagaimana Anda dapat menggunakan Cerita Dengar & Jawab ? Gampang! Cari seorang guru (yang merupakan) penutur asli. Minta dia untuk menggunakan metode ini : Minta dia untuk menceritakan sebuah kisah... dan senantiasa bertanya kepada Anda pertanyaan tentang kisah tersebut. Ini akan mengajari Anda untuk berpikir dengan cepat dalam Bahasa Inggris.

Anda juga dapat mencari pelajaran Dengar & Jawab. Pelajaran tersebut akan mengajari Anda untuk berpikir dengan cepat dalam Bahasa Inggris. Sampai jumpa, semoga harimu menyenangkan selamat belajar Bahasa Inggris. -- A.J. Hoge"

Kesimpulan 

Dari penjelasan A.J. Hoge tersebut melalui kisah dari salah seorang muridnya yang berasal dari Jepang yang bernama Emi, kita dapat memahami alasan dibalik larangan beliau kepada pelajar untuk menggunakan materi dari CD belajar dan buku paket. Metode yang ada pada hampir semua CD belajar adalah metode "dengar dan ulangi", jarang sekali ada yang menggunakan metode "dengar dan jawab" seperti yang disarankan oleh A.J. Hoge. 

stop learn english with CD, berhenti belajar menggunakan CD


Olehnya itu sudah saatnya kita sebagai pelajar untuk beralih ke metode-metode yang lebih efektif dan nyata hasilnya. Dengan latihan dengar dan jawab setiap hari melalui cerita pendek, inshaAllah dalam waktu 4 - 6 bulan kita sudah bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik dan sesuai aturan grammar. Rekan-rekan tak perlu ragu karena sudah banyak yang telah berhasil membuktikan metode A.J. Hoge ini.

Sekali lagi kami sampaikan jika rekan-rekan berkenan untuk mendapatkan file belajar versi A.J. Hoge secara cuma-cuma, silahkan mengirimkan pesan kepada kami melalui form kontak. InshaAllah kami akan segera mengirimkan respon saat pesan rekan-rekan telah kami terima. Kami dapat mengirimkannya ke email rekan-rekan ataupun melalui media penyimpanan seperti flash disk ataupun hard disk (media penyimpanannya disediakan oleh rekan-rekan begitupula dengan ongkos kirimnya).

Well guys, semoga dengan selesainya ulasan tentang aturan ketujuh ini, kita semua mampu menemukan metode belajar  yang terbaik bagi diri kita masing-masing.  Baca kembali mulai dari aturan nomor 1 sampai aturan nomor 7 ini, pahami sebaik-baiknya dan dipraktekkan dalam proses pembelajaran. Tetap berpikir kreatif, kombinasikan metode belajar Bahasa Inggris dari A.J. Hoge ini dengan metode dari mentor lainnya. Rekan-rekan bisa menemukan mentor-mentor native speaker di youtube. Contohnya engvid.com, mereka memiliki 11 mentor, di mana masing-masing mentor punya channel youtube masing-masing. Jadi tinggal pilih saja siapa yang rekan-rekan sukai gaya mengajarnya.

Dan patut untuk selalu diingat bahwa yang terpenting dari semua proses pembelajaran Bahasa Inggris adalah adanya motivasi yang tinggi dan terus menerus dijaga. Sebab dalam proses belajar nantinya, khususnya jika mencoba metode 6 bulan fokus pada latihan mendengaran (listening) tentunya kita akan sering diserang dengan yang namanya rasa jenuh dan bosan, dan jika kita merasa hasil belajar ternyata masih nihil setelah beberapa bulan melakukan latihan bisa saja kita dilanda stress berkepanjangan. Olehnya itu sangat diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi rintangan-rintangan tersebut.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberi banyak manfaat bagi kita semua. Khususnya kepada diri penulis yang saat ini masih berjuang dalam mempelajari beberapa hal termasuk Bahasa Inggris juga.

Happy learning guys,, and Good Luck !!!



0 Komentar untuk "7. Aturan Ketujuh : Dengar dan Jawab, Bukan Dengar dan Ulangi"

Back To Top