Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Hari dan Waktu Dalam Bahasa Inggris

waktu dalam bahasa inggris, penggunaan in the, penggunaan agoBagaimana menggunakan "at", "in the", "ago" dan kata-kata lainnya dalam berbicara tentang waktu? Pada materi kali ini, penulis akan share sebuah materi dari engvid.com yang dibawakan oleh mentor Gill. Materi belajar ini akan mengajarkan kepada kita tentang penggunaan at, in the, ago, dan lainnya saat berbicara tentang waktu dan hari. Rekan-rekan bisa menonton video youtubenya di sini : using at, in the, ago to talk about time.

Berbicara Tentang Waktu Menggunakan At, In the, dan Ago

Saat berbicara tentang waktu dan hari dalam Bahasa Inggris ada 2 proposition yang umumnya digunakan yakni "at" dan "in the". Bagaimanakah perbedaan antara keduanya? Berikut contoh perbedaan tersebut :
  • Penggunaan propotion At. Contohnya :
    - 2 pm
    - Breakfast time
    - Launchtime
    - Teatime
    - Dinner time
    - Night
  • Penggunaan propotion In the. Contohnya :
    - Morning
    - Afternoon
    - Daytime
    - Middle of the day
    - Evening
    - Night
    - Middle of the night
    Dari contoh di atas dapat kita tarik kesimpulan tentang cara menggunakan propotion at dan in the. Untuk waktu yang spesifik (rentang waktu yang pendek/singkat) kita menggunakan at, sementara untuk waktu dengan rentang agak panjang kita menggunakan in the. Bagaimana dengan waktu night (malam), apa bedanya saat menggunakan propotion "at" dengan "in the". Cukup mudah guys, bedanya adalah penggunaan at pada waktu "night" maksudnya adalah waktu tertentu saat malam hari. Misalnya waktu tidur Anda saat malam, tarohlah jam 9 malam. Sedangkan penggunaan in the pada "night" berarti sepanjang waktu malam. Bedanya ada di rentang waktunya. Jelaskan guys? Semoga saja. Hehe..

    Setelah tahu bagaimana penggunaan propotion saat berbicara tentang waktu, kini saatnya kita akan sedikit mengulas bagaimana menggunakan kata lampau (past), sekarang (present) dan akan datang (future) dalam berbicara mengenai hari dan waktu. Berikut cara penggunaannya :
    • Waktu lampau (Past)
      - Yesterday.
      Contoh kalimat : "Yesterday was Tuesday (Kemarin adalah hari Selasa)".
      --> Jika kita ingin berbicara tentang bagian lain dari waktu kemarin, maka kita bisa mengatakan "yesterday morning (pagi kemarin)", yesterday afternoon (sore kemarin)", "yesterday evening (malam kemarin/awal malam)". Dan untuk malam (night) ada pengeculian. Kita tidak bisa mengatakan "yesterday night", akan tetapi kita harus mengatakan "last night".
    • Waktu sekarang (Present)
      - Today.
      Contoh kalimatnya : "Today is Wednesday (Hari ini adalah hari Rabu)".
      Jika kita berbicara bagian dari sebuah hari (today), maka kita menggunakan kata "this". Jadi kita mengatakan "this morning (pagi ini)", "this afternoon (sore ini)", "this evening malam ini/awal malam)". Semuanya bisa digunakan dalam bentuk waktu lampau (past) dan juga bentuk wantu sekarang (present). Namun ada pengecualian untuk malam (night). Kita tidak boleh mengatakan "this night", akan tetapi kita harus mengatakan "tonight". Jika rekan-rekan ada yang bertanya, mengapa bisa seperti itu? Ya, karena aturannya sudah seperti itu guys. Hehe..
    • Waktu akan datang (Future)
      - Tomorrow.
      Contoh kalimatnya : "Tomorrow is Thursday (Besok adalah hari Kamis)".
      Untuk besok (tomorrow) kita juga bisa membaginya atas beberapa bagian, seperti : "tomorrow morning (besok pagi)", "tomorrow afternoon (besok sore)", "tomorrow evening (besok malam/awal malam)". Dan untuk malam (night), kali ini tidak ada pengecualian seperti pada "yesterday" dan "today". Jadi tetap menggunakan "tomorrow" sehingga kita akan mengatakan "tomorrow night". Mengapa seperti itu? Ya sekali lagi karena sudah seperti itu aturannya. Ikuti saja aturan maka Anda akan selamat sampai pada tujuan inshaAllah. Hehe..
     
    Kemudian untuk penggunaan hari, bulan dan tahun dalam bentuk waktu lampau (past), sekarang (present), dan akan datang (future), kita menggunakan last, this, dan next. Berikut ulasannya :
    • Untuk bentuk waktu lampau (past), contohnya :
      - Last Monday (Senin lalu)
      - Last week (Minggu lalu)
      - Last month (Bulan lalu)
      - Last year (Tahun lalu)
    • Untuk bentuk waktu sekarang (present), contohnya :
      - This Wednesday (Kamis ini)
      - This week (Minggu ini)
      - This month (Bulan ini)
      - This year (Tahun ini)
    • Untuk bentuk waktu akan datang (future), contohnya :
      - Next Monday (Senin depan)
      - Next week (Minggu depan)
      - Next month (Bulan depan)
      - Next year (Tahun depan)
    Terakhir kita akan mengulas sedikit penggunan kata "ago" dan "a fortnight". Untuk contoh penggunaan "ago" adalah sebagai berikut :

    • A week ago (Seminggu yang lalu)
    • A month ago (Sebula yang lalu)
    • A year ago (Tahun lalu)
    • Five years ago (Lima tahun yang lalu).

    seperempat malam, 2 minggu
     Sedangkan untuk contoh "a fortnight" adalah sebagai berikut :
    •  Bisa diartikan = 1/4 nights (1/4 malam)
    •  Atau juga = 2 weeks (2 minggu)

    Kesimpulan

    Jadi sudah jelas bagi kita semua bagaimana cara menggunakan proporion "at" dan "in the" saat berbicara tentang waktu dan hari. Begitu pula saat kita berbicara tentang hari dan waktu di masa lampau, sekarang dan akan datang, kita diharuskan menggunakan kata yang sesuai, untuk masa lampau kita menggunakan "last", untuk waktu sekarang kita menggunakan "this", dan bentuk waktu akan datang kita menggunakan "tomorror", serta beberapa penggunaan kata lainya seperti yang telah kita bahas di atas.

    Sekian yang dapat penulis sampaikan pada materi belajar  kita kali ini. Semoga dapat menambah keilmuan kita khususnya dalam keterampilan berbahasa inggris.

    Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, inshaAllah..


Tag : Speaking
0 Komentar untuk "Hari dan Waktu Dalam Bahasa Inggris "

Back To Top