Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Dua Cara Baru Belajar kosakata (Vocabulary) yang Menyenangkan

cara belaajr kosakata bahasa inggris, belajar kosakata menyenangkanBelajar  tidaklah selalu serius dan kaku. Ada banyak jalan untuk belajar dengan santai dan penuh canda. Bisa melalui game ringan, nonton acara komedi, baca komik lucu, dan sebagainya. Untuk materi kita kali ini, penulis akan share tentang dua cara baru belajar vocabulary yang menyenangkan versi mentor James dari Engvid.com. (Rekan-rekan bisa menonton langsung videonya melalui youtube melalui link ini : 2 fun new ways to learn English vocabulary).

Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Pada umumnya kita sebagai pelajar akan mempelajari kosakata Bahasa Inggris dengan cara menghapal daftar kata berdasarkan tema tertentu. Misalnya kosakata "makan dan minum", kosakata tentang "travel", kosakata tentang "toko", "kosakata alat rumah tangga", dan lain sebagainya. Jumlah kosakata yang kita targetkan perharinya juga telah ditentukan. Misalnya 30 kata perhari, 50,  100, dan lain-lain sesuai kemampuan masing-masing.

Namun pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, seberapa efektif cara belajar yang kita tempuh tersebut? Seberapa besar hasil yang telah kita capai? Menurut A.J. Hoge, mempelajari kosakata dengan cara menghapal adalah cara yang tidak efektif. Mengapa? Karena kosakata yang telah kita hapal tersebut hanya akan sampai di memori jangka pendek otak kita sehingga tak akan bisa bertahan lama di dalam otak kita. Lebih dari itu, hal tersebut akan memperlambat peningkatan kemampuan speaking kita karena setiap kali ingin berbicara dengan menggunakan kosakata yang telah dihapal, maka kita akan berpikir-pikir dulu (butuh waktu bagi otak untuk mengakses kosakata tersebut). Berbeda halnya jika kita belajar kosakata melalui aktivitas nyata sehari-hari misalnya nonton film atau baca novel maka kosakata yang kita dapatkan akan tertanam pada memori jangka panjang sehingga saat kita berbicara maka akan langsung otomatis tanpa perlu berpikir terlebih dahulu. 

Penulis secara pribadi pernah melalukan teknik belajar kosakata dengan menghapal daftar kata. Memang di awal-awal sangat terasa hasilnya karena setiap hari ada banyak tambahan kosakata Bahasa Inggris baru yang penulis ketahui, namun lama kelamaan jenuh dan bosan juga karena saat masih dalam proses menambah hapalan baru, hapalan yang lama sudah mulai lupa lagi. Hehe..

Jika A.J. Hoge menyarankan untuk mempelajari kosakata melalu materi dan pelajaran real English seperti ministory, movie, talkshow, newspaper, dan lainnya, maka pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sedikit 2 cara baru belajar kosakata Bahasa Inggris dari mentor engvid. Baiklah kawan, mari kita menuju ke ulasannya.

Cara pertama : fill in the gap (isi bagian yang kosong)

gap, jarak
Gap artinya spasi atau celah antara dua sesuatu, dalam konteks ini adalah celah antara dua kata. Jadi maksudnya adalah kita diminta untuk mengisi bagian atau spasi yang kosong dalam sebuah kalimat. Contohnya "tree .............................. chair". Bagian titik-titik adalah bagian yang kosong. Kita diminta untuk mengisinya dengan beberapa kosakata yang benar (bukan hanya satu kata saja). Bagaimana cara mengisinya?

Pertama-tama adalah gunakan kata tertentu, misalnya 3 - 5 kata yang berhubungan dengan "tree (pohon") dengan "chair (kursi). Kita akan membuat kalimat dari "tree" ke "chair" dengan menggunakan kata tersebut. 
  • Misalnya kita mulai dari "tree (pohon)" kita  pilih kata "cut (potong)", "You cut the tree down, right? (Anda memotong/menebang pohon, benar kan?)". 
  • Kemudian kita pilih lagi kata selanjutnya, misalnya "lumber (potongan kayu)". 
  • Kemudian cari lagi kata selanjutnya, misalnya "carpenter (tukang kayu)", 
  • kemudian "craft (membuat sesuatu menjadi kerajinan tangan)", 
  • kemudian kita pilih kata "furniture (mebel)".
Dengan beberapa kata yang telah kita pilih tadi, kita bisa rangkai menjadi "So, if I have a tree, I cut it down and make it into lumber, I take it into carpenter, he crafts it into a chair   (Jadi, jika saya memiliki sebuah pohon, saya menebangnya dan membuatnya menjadi potongan kayu, saya membawanya ke tukang kayu, dia membuatnya menjadi sebuah kursi). Jadi gap (celah) antara tree dengan chair telah kita isi dengan 5 kosakata. 

Jadi permainannya adalah katakan pada diri Anda : "Saya akan menuju dari satu kata ke kata lainnya melalui 5 kata untuk mengisi celah antara kata diawal dengan diakhir". Dan Anda dapat memberi tantangan pada diri Anda sendiri, mungkin mulai dari 3 kata atau membuat 10 kata.

Apa maksud dari permainan di atas? Maksudnya adalah permainan tersebut akan mengajarkan kepada kita hubungan antar kata, dan juga dapat mengajarkan pada kita tentang noun (kata benda) dan verb (kata kerja), dan bagaimana fungsi keduanya saat bersamaan dalam sebuah kalimat.

Anda juga bisa melakukan permainan ini dengan seorang teman. Caranya sama dengan cara  di atas, cuma masing-masing membuat tulisan, misalnya dari tree ke chair lalu diisi dengan 5 kata yang saling berhubungan. Nanti hasil tulisan Anda bandingkan dengan teman Anda tersebut. Tanyakan kenapa dia memilih kata yang ditulisnya itu untuk mengisi gap (celah antara tree dengan chair), begitupula dengan Anda, jelaskan padanya kenapa Anda memilih kata yang Anda tuliskan.

Cara kedua untuk memainkan game ini adalah "berapa banyak kata untuk dijawab". Misalnya jika tadi  kita memulai dengan memilih dua kata untuk bagian awal dan akhir yaitu "tree" dan "chair" maka bisa didapatkan 5 kata untuk mengisi celahnya. Coba sekarang kita ganti kata awal dan akhirnya menjadi "chair" dan "moon", kira-kira berapa kata yang bisa didapatkan untuk mengisi celah (gap)?

Mungkin Anda akan mengatakan "tidak mungkin". Apa coba hubungan antara "tree (pohon)" dengan "moon (bulan"). Kita dapat mengatakan "Listen, the chair in my living room, close to the big bay window where I can see the moon at night (Dengar, kursi tersebut ada di ruang keluarga saya, dekat ke jendela besar dimana saya dapat melihat bulan saat malam hari). Berapa banyak kata yang kita dapatkan dari "tree" ke "moon"?

Jadi bermain dengan kata itu membutuhkan kreativitas, "chair (kursi)" dengan "moon (bulan)" memang sekilas tak ada hubungannya, akan tetapi jika dikombinasikan dengan penggunaan kata benda dan kata kerja saat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya maka akan menghasilkan sebuah kalimat yang baik.

Cara ini cukup menyenangkan dan mudah kan guys? Cukup tantang diri Anda sendiri atau cari seorang teman untuk diajak bertanding. Pilih dua kata secara acak untuk bagian awal dan akhirnya, kemudian bertandinglah untuk mengisi celah(gap) dengan kata sebanyak yang Anda mampu dan harus tepat hubungan antara kalimat yang diisikan. Mengenai siapa pemenangnya, Anda dengan teman Andalah yang menentukan. Jikalau tidak ada yang mau mengalah maka sebaiknya cari seorang juri dari guru Bahasa Inggris yang terdekat dengan Anda (just kidding). Hehe..

Cara Kedua :  Write a poem using  5 or 10 words (Tulis sebuah puisi dengan 5 atau 10 kata).

puisi bahasa inggris, puisi guru, kosakata puisi
Tidak sedikit orang yang cinta dengan puisi. Sayapun secara pribadi suka dengan puisi. Dulu waktu masih remaja suka nulis puisi. Namun untuk puisi berbahasa inggris, penulis belum percaya diri. Masih butuh banyak belajar dulu. Hehe.. 

Baiklah kawan, mari kita mengulas sedikit tentang cara belajar kosakata melalui puisi. Berikut cara belajar kosakata dengan menulis puisi :
  • Pilihlah beberapa kata secara acak. Pada contoh ini kita menggunakan kata "rain", "down", "heaven", "hard", "thirst". Kemudian kita bentuk menjadi sebuah puisi.
    rain comes down
    hard from heaven
    crashing into the ground
    making the heart go soft
    quenching the thirst of the heart
    removing the dirt
    revealing the hidden beauty
    Sederhana dan singkat sekali  contoh puisi dari mentor James. Kita juga dapat mencoba untuk membuat puisi berbahasa inggris mengikuti cara di atas.Cukup mudah kan, hanya dengan memilih beberapa kata kemudian dirangkai menjadi sebuah puisi. Cara ini tentu sangat menyenangkan khususnya bagi pelajar Bahasa Inggirs yang menggemari dunia sastra khususnya tulis menulis serta baca puisi. Cara ini tentunya sangat efektif karena melibatkan emosi yang kuat sehingga kata-kata yang dipelajari bisa dengan mudah tertanam ke dalam memori jangka panjang.

    Kesimpulan

Sekian guys materi belajar  kita kali ini tentang 2 cara baru yang menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris. Yang pertama adalah dengan mengisi celah yang kosong antara dua kata. Kemudian yang kedua adalah dengan menulis sebuah puisi menggunakan 5 atau 10 kata. 

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat berkativitas !!









0 Komentar untuk "Dua Cara Baru Belajar kosakata (Vocabulary) yang Menyenangkan"

Back To Top