Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

6. Aturan Keenam : Gunakan Hanya Pelajaran & Materi Bahasa Inggris Nyata

real english, belajar bahasa inggris dengan materi sehari-hari, bahasa inggris nyataPelajaran dan materi Bahasa Inggris nyata ? Memangnya ada orang belajar  menggunakan materi yang gaib? Mungkin diantara rekan-rekan ada yang bertanya dalam hati seperti itu. Real English atau Bahasa Inggris nyata maksudnya adalah pelajaran dan materi Bahasa Inggris yang diambil dari aktivitas sehari-hari. Misalnya movie, program TV, surat kabar, video youtube, novel, lagu, dan lainnya. Yang dimaksud tidak nyata di sini adalah materi dan pelajaran yang ada di dalam buku paket, CD/VCD plus buku paket, daftar kosakata yang dihapalin, dan lainnya.

Belajar Bahasa Inggris Nyata

Belajar menggunakan materi Bahasa Inggris yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita tentu lebih menyenangkan dibanding dengan menggunakan buku paket. Secara pribadi saya setuju dengan hal ini, namun saya tak akan menampik jika ada diantara rekan-rekan yang ternyata lebih senang belajar dengan menggunakan buku paket atau CD/DVD yang dibuat khusus untuk belajar English.  Saya pikir tiap orang punya gaya yang berbeda. Hanya saja untuk aturan dari A.J. Hoge sangat disarankan hanya menggunakan pelajaran dan materi dari kehidupan sehari-hari kita agar proses belajar berjalan dengan nyaman, efektif dan efisien.

Tak sedikit orang yang mampu berbahasa inggris hanya karena mereka suka film-film berbahasa inggris, atau lagu-lagu barat, atau juga mungkin acara talk show di salah satu channel youtube, film kartun, anime, dan lain sebagainya. Mereka tak pernah secara khusus belajar rumus-rumus grammar tapi mereka mampu berbicara sesuai dengan aturan grammar. Mengapa ? Tak lain dan tak bukan adalah karena apa yang mereka sering dengar melalui film atau acara talkshow dan lainnya itu adalah percakapan atau kata-kata yang diucapkan native speaker dan tentunya mengikuti aturan grammar

Jadi kenapa kita tidak mengikuti apa yang telah mereka lakukan. Membiasakan diri dengan hal-hal yang berkaitan langsung dengan Bahasa Inggris. Kalau rekan-rekan gemar membaca berita, cobalah untuk membaca koran online "Jakarta Post", jika menyukai Naruto cobalah untuk menonton dari episode pertama, tentunya tonton yang english dub nya. Jika rekan-rekan menyukai puisi, cobalah untuk mencari dan mempelajari puisi-puisi berbahasa inggris. Apapun kegemaran dan minat rekan-rekan, semua tentunya dapat dikaitkan dengan proses pembelajaran Bahasa Inggris.

Lalu, seperti apa lebih detail tentang aturan nomor 6 ini, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan dari A.J. Hoge (untuk menonton videonya di youtube, rekan-rekan bisa mengaksesnya di sini : "Aturan 6 A.J. Hoge").

Bagaimana Mengerti/memahami Penutur Asli.

" Megdelio telah belajar Bahasa Inggris selama 5 tahun di Venezuela. Guru mengatakan dia adalah seorang pelajar (tingkat) lanjutan.

Saat dia datang ke Amerika Serikat dia merasa bagus. Dia bersemangat untuk bertemu dengan orang Amerika. Dia telah siap. Dia menulis :
“Suatu hari saya mencoba untuk mengobrol dengan seorang wanita Amerika dan semuanya berubah. Wanita tersebut mulai berbicara - dan saya tidak mampu memahaminya. Tidak sama sekali!

Pengucapannya benar-benar berbeda dari kaset dan CD yang saya dengarkan. Dia menggunakan idiom, slang dan banyak frasa kasual.
Saya benar-benar bingung. Saat itulah saya menyadari bahwa saya perlu untuk belajar English (yang) nyata. 

Saya mengajari Megdelio mempelajari materi Bahasa Inggris (yang) nyatamateri beajar  yang kita gunakan sehari-hari dalam percakapan, buku, film, acara TV, buku komik, buku audio, artikel, surat kabar, majalah, dan podcast.

Berhenti Mempelajari Buku Paket Bahasa Ingggris.

Jika Anda ingin memahami native speaker (penutur asli), Anda harus berhenti belajar Bahasa Inggris dari kaset dan CD buku paket.

Untuk belajar Bahasa Inggris (yang) nyata, Anda harus mendengarkan apa yang didengar oleh penutur asli. Anda harus menonton apa yang mereka tonton. Anda harus membaca apa yang mereka baca.

Dengarkan hanya Bahasa Inggris (yang) nyata
Dengarkan hanya Bahasa Inggris (yang) nyata
Dengarkan hanya Bahasa Inggris (yang) nyata.

Bagaimana Anda belajar Bahasa Inggris (yang) nyata ? Itu mudah. Berhenti menggunakan buku paket. Sebagai gantinya, dengarkan hanya film berbahasa inggris (yang) nyata, acara TV, buku audio, artikel audio, cerita, dan acara obrolan radio. 

Setelah 6 bulan (belajar) pada Bahasa Inggris (yang) nyata, Megdelio mampu berbicara dengan mudah. Dia bisa memahami Bahasa Inggris (yang) nyata dari penutur asli.

Kesimpulan 

Dengan menyimak penjelasan A.J. Hoge tentang aturan keenam ini, kita semuanya tentu dapat mengerti akan pentingnya belajar dengan menggunakan materi dan pelajaran yang berkaitan langsung dengan aktivitas sehari-hari kita. Jika telah terbiasa belajar dengan materi dan pelajaran Bahasa Inggris yang nyata maka kita akan mudah memahami ucapan dari native speaker (penutur asli).

Coba bayangkan jika kita seperti Megdelio yang telah belajar Bahasa Inggris selama 5 tahun namun belum bisa sama sekali memahami perkataan native speaker saat pertama kali berbincang langsung dengannya. Tentu hal tersebut bisa membuat kita malu, frustasi dan hilang rasa percaya diri.


Untuk membangun rasa percaya diri yang kuat, tentunya kita harus mampu memahami setiap ucapan dari lawan bicara kita saat berbincang-bincang. Selain mampu memahami setiap ucapan lawan bicara, kita juga dituntut untuk memahami etika dan sopan santun dalam berbicara. Setiap suku bangsa tentunya memiliki budaya yang unik dan bahasa juga termasuk di dalamnya. Sopan bagi kita belum tentu sopan bagi mereka, begitu pula sebaliknya. Jadi diperlukan saling pengertian, salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa sesuai budaya native speaker.

Dengan belajar Bahasa Inggris menggunakan pelajaran dan materi nyata, tentunya secara otomatis kita akan belajar budaya mereka dalam berkomunikasi khususnya saat berbicara dengan orang lain. Sebagai contoh, untuk memahami bahasa yang sopan, kita bisa mengambil dan mempelajari acara yang didedikasikan untuk anak-anak. Misalnya film kartun, talkshow atau program tv untuk anak-anak, film keluarga, dan lainnya.

Sedikit tentang pengalaman pribadi, saya senang belajar dengan mengambil pelajaran dan materi dari film Naruto english dub, Channel Youtube dari acara Talkshow Ellen & juga Steve Harley khususnya saat bintang tamu mereka adalah anak-anak, lebih dari itu saya juga belajar web design, online advertising, Google AdWords, Internet marketing, Blogging, dan materi kuliah yang sebagian besarnya menggunakan Bahasa Inggris. Jadi dengan mempelajari bidang tertetu dengan menggunakan materi Bahasa Inggris berarti saya juga mempelajari Bahasa Inggris itu sendiri.

Dan tak terasa jumlah kosakata (vocabulary) saya semakin bertambah, sedikit demi sedikit. Meski tak mengkhususkan lagi belajar Bahasa Inggris namun pengetahuan Bahasa Inggris saya tetap bertambah karena saya belajar bidang tertentu dengan menggunakan materi berbahasa inggris baik itu berbentuk teks maupun video.

Sampai di sini dulu guys uraian kita tentang aturan ke enam. InshaAllah pada kesempatan berikutnya kita akan mengulas aturan ketujuh. 




0 Komentar untuk "6. Aturan Keenam : Gunakan Hanya Pelajaran & Materi Bahasa Inggris Nyata"

Back To Top