Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

5. Aturan Kelima : Gunakan Sudut Pandang Cerita Pendek

Rekan-rekan mungkin akan sedikit bingung dengan aturan kelima ini. Menggunakan cerita pendek Bahasa Inggris untuk belajar Bahasa Inggris? Apa iya bisa, terlebih untuk meningkatkan kemampuan berbicara (speaking)? Mana mungkin cerita pendek Bahasa Inggris bisa meningkatkan kemampuan speaking. Jika pertanyaan seperti itu yang ada di dalam benak rekan-rekan maka A.J. Hoge akan memberi penjelasan yang dapat mengubah pola pikir rekan-rekan.

Menggunakan sudut pandang cerita pendek untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah hal yang baru bagi proses belajar kita bila dibandingkan dengan metode belajar kita pada umumnya yang lebih banyak melakukan latihan percakapan dengan sesama pelajar. Dan juga beberapa pelajar mencoba dengan cara melakukan percakapan langsung dengan orang-orang yang sudah lancar berbahasa inggris.

Selain untuk meningkatkan kemampuan speaking, belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan cerita pendek juga akan membantu meningkatkan grammar kita. Pada aturan yang lalu, yakni aturan 2 disebutkan bahwa "jangan pernah belajar aturan grammar". Namun kita semua tahu bahwa grammar itu sangat penting karena merupakan salah satu ukuran kualitas Bahasa Inggris. Larangan A.J. Hoge di sini ditujukan pada cara belajar grammar gaya lama yang mana lebih cenderung melakukan analisa rumus-rumus grammar. Sementara beliau berpandangan bahwa cara tersebut akan memperlambat dan mempersulit pelajar dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya. Olehnya itu, beliau membuat teknik tersendiri dalam belajar grammar yakni melalui tanya jawab dengan menggunakan cerita pendek. Bagi beliau, bukanlah hal penting mengetahui nama-nama di dalam aturan grammar, misalnya tenses, yang terpenting adalah mampu mempergunakan tenses tersebut secara benar terlepas kita mengetahui nama tensesnya atau tidak.

Lalu bagaimanakah teknik menggunakan cerita pendek dalam meningkatkan kemampuan speaking dan grammar ? Apakah cukup dengan membaca cerita pendek berbahasa inggris setiap hari? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak penjelasan A.J. Hoge berikut ini (rekan-rekan dapat menonton videonya di sini : aturan 5 A.J. Hoge). 

Aturan 5 A.J. Hoge

"Hari ini saya kembali untuk menjelaskan Aturan 5.

Pada Aturan 2, saya mengatakan kepada Anda jangan pernah belajar aturan-aturan grammar. Namun, tentunya, Anda ingin menggunakan tata bahasa (grammar) yang benar.
Mungkin Anda berpikir, “Bagaimana saya bisa belajar grammar jika saya tidak belajar aturan-aturan grammar ?”.

Baiklah, hari ini saya akan memberitahu Anda.

Saya akan mengajari Anda sebuah cara untuk belajar grammar secara alami. Gunakan metode ini dan (kemampuan) grammar Anda akan meningkat secara otomatis. Anda secara otomatis akan menggunakan bentuk kata kerja yang benar. Anda tidak akan berpikir. Anda tidak akan mencoba-coba.

Sebuah Kisah

Miyuki telah melakukan dengan sangat baik pada ujian tata bahasa (grammar). Dia tahu semua aturan grammar. Dia tahu semua kata kerja Bahasa Inggris.

Akan tetapi Miyuki punya sebuah masalah. Dia tidak mampu MENGGUNAKAN grammar dalam percakapan nyata. Dia mampu menjelaskan bentuk (waktu) lampau, tapi ketika berbicara, dia akan berkata “Yesterday I GO to school” (padahal seharusnya menggunakan kata kerja bentuk kedua "Yesterday I WENT to school").

Miyuki bingung. Bagaimana bisa ujian grammarnya begitu baik, namun (kemampuan) berbicaranya begitu buruk?.

Miyuki berkata :
-- "Sebelum belajar di Effortless English, Saya tahu semua aturan grammar, namum saya tidak mampu berbicara dengan benar. Saya tidak mampu merasakan tata bahasa (grammar) Bahasa Inggris. Setelah menggunakan sudut pandang cerita pendek, saya merasakannya (grammar) dan menggunakannya dengan benar.

Sekarang grammar saya sudah bagus saat saya berbicara. Saya tidak pernah memikirkannya (grammar), saya hanya secara otomatis menggunakan grammar yang benar. Terima kasih A.J.!".

Miyuki mempelajari tata bahasa (grammar) ini secara alami. Dia tidak pernah belajar aturan grammar. Bagaimana dia melakukannya ?

Pertama-tama, dia mendengarkan cerita pendek pada bentuk (waktu) sekarang. Dia mendengarkannya setiap hari.
Kemudian, dia mendengarkan cerita yang SAMA persis - namun kali ini cerita dimulai dengan "10 tahun yang lalu...". Dia belajar untuk "merasakan" bentuk (waktu) lampau dengan mendengarkan cerita ini.

Selanjutnya, saya memberikannya cerita yang sama persis. Kali ini, dimulai dengan “Sejak 2004...”, Miyuki belajar untuk MERASAKAN bentuk waktu yang telah Usai dengan mendengarkan cerita ini.
Terakhir, saya memberikannya cerita yang persis sama... diawali dengan “Tahun depan”. Dia belajar untuk MERASAKAN bentuk (waktu) akan datang secara sederhana dengan mendengarkan cerita ini.

ATURAN 5 : Gunakan Sudut Pandang Cerita Pendek

Saya menyebut cerita-cerita ini dengan “Sudut Pandang Cerita Pendek”. Cerita-cerita ini adalah cara paling jitu untuk belajar dan menggunakan tata bahasa (grammar) Bahasa Inggris secara otomatis.

Gunakan Sudut Pandang Cerita Pendek untuk Grammar Otomatis.
Gunakan Sudut Pandang Cerita Pendek untuk Grammar Otomatis.
  

Anda harus belajar grammar dengan mendengarkan Bahasa Inggris yang nyata. Cara terbaik adalah mendengarkan cerita yang sama... diceritakan dalam waktu yang berbeda (sudut pandang) : Lampau, Waktu yang telah Usai, Sekarang, Akan Datang.

Bagaimana Anda melakukan ini ? Mudah! Temukan sebuah cerita atau artikel dalam bentuk (waktu) sekarang. Kemudian minta mentor penutur asli Anda untuk menuliskannya kembali dalam waktu Lampau, dengan bentuk (waktu) yang telah Usai, dan dalam bentuk (waktu) Akan Datang. Terakhir, minta padanya untuk membacakan dan merekam cerita tersebut untuk Anda.

Kemudian Anda dapat mendengarkan cerita dengan berbagai macam grammar. Anda tidak perlu mengetahui aturan grammar. Dengarkan saja sudut pandang dari cerita dan Anda akan meningkatkan (kemampuan) grammar secara otomatis!.  

Anda juga dapat menemukan pelajaran Sudut Pandang dan menggunakannya untuk belajar grammar secara otomatis.

Ini sangat ampuh. Hal ini sangat sederhana. Hal ini berhasil. Anda akan berhasil. Anda akan menggunakan tata bahasa (gramar) secara alami dan otomatis.

Ini adalah rahasia untuk grammar Bahasa Inggris. -- A.J. Hoge"

Kesimpulan

Dengan mempelajari penjelasan dari A.J. Hoge tersebut, kita dapat mengambil pelajaran bahwa untuk meningkatkan kemampuan speaking secara cepat dan belajar grammar secara alami maka sangat efektif jika kita menggunakan materi belajar berupa tanya jawab menggunakan cerita pendek. Seperti apa contoh tanya jawab cerita pendeknya, silahkan rekan-rekan klik tombol play pada audio player di bawah ini.



cerita pendek bahasa inggris, cerita pendek berbahasa inggris

Untuk file audio yang lebih lengkap dengan teks cerita pendeknya, rekan-rekan bisa memesannya kepada kami jika memang serius belajarnya. Selain materi yang kami contohkan ini, masih banyak cerita pendek lainnya dari A.J. Hoge di mana level atau tingkat kesulitannya berbeda-beda. Yang dicontohkan ini meruapakan salah satu level yang paling mudah dimengerti.. Silahkan request saja dengan menuliskan pesan pada form kontak atau menu hubungi kami.

Setiap judul materi dari A.J. Hoge ini terdiri atas :
  • File audio untuk cerita pendeknya
  • Teks berbentuk pdf untuk cerita pendeknya seperti yang telah saya tampilkan screenshotnya di atas
  • File audio tanya jawab yang dibagi atas dua file (A dan B) 
  • Terakhir ada file audio untuk vocabulary. 
Kami yakin file belajar ini sangat cocok untuk semua pelajar dan semua orang boleh mendapatkannya secara cuma-cuma.

Kami cukupkan sampai di sini dulu ya guys untuk pembahasan aturan kelima ini tentang belajar menggunakan cerita pendek Bahasa Inggris. Semoga dapat memberi manfaat kepada kita semua. Sampai jumpa pada aturan 6.
Selalu semangat belajarnya guys dan jangan pernah menyerah dalam belajar, bekerja dan berkarya !!




0 Komentar untuk "5. Aturan Kelima : Gunakan Sudut Pandang Cerita Pendek"

Back To Top