Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

4. Aturan Keempat : Belajar Secara Mendalam

Belajar secara mendalam. Mungkin kalimat ini sudah sering kita dengarkan. Tapi apakah cara belajar kita sudah benar-benar mendalam? Karena pada dasarnya kita sebagai manusia suka terburu-buru termasuk di dalam proses belajar. Semuanya ingin cepat menguasai apa yang dipelajarinya.

Lalu bagaimanakah cara belajar English yang mendalam itu? Seberapa pentingkah belajar secara mendalam? Apa efek belajar secara mendalam? 

Sebelum mengulas lebih jauh tentang hal ini mari kita melakukan sedikit review terlebih dahulu tentang bagaimana cara belajar kebanyakan kita. Cara yang paling umum yang dilakukan oleh pelajar Bahasa Inggris adalah dengan mempelajari rumus-rumus grammar/tenses agar bisa membuat kalimat dengan baik dan benar. Kemudian cara umum lainnya adalah menghapal kosakata (vocabulary) dengan jumlah tertentu, misalnya 50 kata perhari. Selanjutnya adalah latihan berbicara atau percakapan dengan sesama pelajar. Kemudian untuk latihan pengucapan (pronunciation) kebanyakan pelajar menggunakan bantuan kamus tertentu contohnya kamus oxford yang khusus digunakan untuk latihan pronunciation, nantinya pelajar akan dipandu oleh seorang mentor dalam prakteknya. Cara-cara ini dapat kita temukan pada lembaga-lembaga kursus. Cara umum lainnya adalah dengan belajar privat. Metode belajar privat tergantung dari tutornya. Kebanyakan tidak akan jauh juga dari pembahasan aturan grammar dan kosakata (vocabulary).

Pernahkah kita bertaya pada diri sendiri, apakah cara-cara belajar yang telah kita tempuh tersebut benar-benar efektif? Seberapa besar efeknya dalam meningkatkan keterampilan berbahasa inggris kita, khususnya kemampuan speaking? Saya tidak bilang bahwa cara-cara yang pernah kita tempuh tersebut salah guys, ataukah juga tidak memberi manfaat atau efek yang baik. Namun apakah jika ada cara belajar  yang mampu membuat kita belajar lebih mendalam, kita juga tetap menggunakan cara-cara lama tersebut? Bukankah dengan belajar secara mendalam hasil yang akan kita peroleh lebih baik dan proses belajar kita akan lebih cepat? Jawabannya kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Dengan kedewasaan berpikir yang kita miliki tentunya kita dapat memperoleh jawaban atau pilihan yang paling tepat untuk diri kita.

"Mempelajari bagaimana cara belajar adalah sebuah keterampilan tersendiri dalam kehidupan ini". Kutipan tersebut sangat benar adanya. Kebanyakan diantara kita berpikir bahwa hanya orang-orang jeniuslah yang bisa belajar dengan cepat. Hanya orang-orang cerdaslah yang bisa mempelajari apa saya yang mereka mau. Akan tetapi kenyataanya tidaklah selalu seperti itu. Meskipun kita memiliki IQ yang sedang-sedang saja, kita tetap mampu belajar dengan cepat asalkan metodenya benar disertai dengan motivasi yang tinggi. Belajar cepat di sini tidaklah berarti belajar terburu-buru. Belajar secara mendalam akan mempercepat kita mencapai tujuan belajar yang kita idam-idamkan.

Lalu bagaimana cara belajar Bahasa Inggris yang mendalam itu? Well guys, kita akan menemukan jawabannya melalui penjelasan A.J. Hoge berikut ini. (Rekan-rekan dapat menyaksikan videonya di sini : aturan 4 A.J. Hoge).

"Aturan 4 : Sebuah Kisah Sukses pelajar Bahasa Inggris.

 Hyun, seorang pelajar dari Korea, berkata :
“Saya seorang pelajar yang sangat serius. Ketika belajar Bahasa Inggris di Korea, Saya menghapal sebanyak 50,000 kata Bahasa Inggris untuk menghadapi sebuah ujian besar. Lima Puluh Ribu!.

Masalah saya adalah - Saya tidak bisa MENGGUNAKAN kata-kata yang telah saya hafal tersebut. Saya memang bisa lulus ujian Bahasa Inggris akan tetapi saya belum mampu untuk memahami native speaker (penutur asli).

Dengan Effortless English, saya belajar untuk memahami Bahasa Inggris secara langsung. Saya belajar bagaimana menggunakan kosakata secara otomatis. Setelah 6 bulan, Saya bisa bicara dengan mudah. Saya tidak perlu untuk berpikir.
Terima kasih banyak A.J!”.

Perlahan-lahan, Belajar Secara Mendalam Adalah Yang Terbaik.

Hyun belajar banyak kata-kata dalam waktu yang singkat. Belajarnya singkat dan dangkal. Itulah sebabnya dia cepat lupa kata-kata itu. Itulah sebab dia tidak mampu menggunakannya dalam percakapan.

Rahasia untuk berbicara dengan mudah adalah mempelajari setiap kata & frasa SECARA MENDALAM.

Adalah tidak cukup untuk sekedar mengetahui sebuah definisi sebuah kata atau frasa. Adalah tidak cukup sekedar mengingat/menghapal untuk ujian. Anda harus menempatkan kata-kata jauh ke dalam otak Anda.
Untuk berbicara Bahasa Inggris dengan mudah, Anda harus mengulang setiap pelajaran berkali-kali.

Anda harus belajar English secara mendalam.
Belajar secara mendalam, berbicara dengan mudah.
Belajar secara mendalam, berbicara dengan mudah.

Bagaimana Anda belajar secara mendalam ? Mudah - hanya (dengan) mengulangi semua pelajaran atau mendengarkan berkali-kali. Sebagai contoh, Jika Anda memiliki buku audio, dengarkan bab pertama (sebanyak) 30 kali sebelum Anda menuju ke bab kedua. Anda bisa mendengarkan bab pertama 3 kali sehari, selama 10 hari.

Belajar Grammar (Tata Bahasa) Bahasa Inggris Secara Mendalam.

Bagaimana dengan grammar ? Bagaimana Anda mempelajarinya secara mendalam, tanpa belajar aturan-aturan grammar ?
Saya akan memberitahukan Anda pada email berikutnya. -- A.J. Hoge."

Kesimpulan

Dari penjelasan A.J. Hoge tersebut di atas, kita tentunya dapat mengambil pelajaran bahwa untuk belajar secara mendalam dibutuhkan kesabaran di dalam mengulang-ngulang pelajaran. Satu materi diulang-ulang berkali-kali. 10 - 50 kali sampai kita benar-benar paham semua yang diucapkan dalam file audio yang kita dengarkan tersebut. Memang terkesan membosankan tapi itulah cara belajar yang mendalam. Untuk meminimalisir kebosanan sangat disarankan untuk menggunakan materi belajar yang sesuai dengan minat atau hobby kita. Kita memang menggunakan metode belajar versi A.J. Hoge tapi tidak berarti harus menggunakan materi belajar dari beliau. Ada banyak materi belajar yang dengan mudah bisa didapatkan di internet.

Belajar memang membutuhkan sebuah proses, dan proses membutuhkan waktu. Karenanya kita sebagai pembelajar Bahasa Inggris haruslah bisa bersabar dan terus memotivasi diri sendiri untuk tidak mudah menyerah. Terus latihan dan praktek setiap hari. Practice make's perfect. Bukankah begitu guys? Praktek dan ulang-ulangi sampai benar-benar paham. Sampai pelajaran tersebut benar-benar masuk ke momori jangka panjang kita.

kutipan pelajar, terus berlatih

Hindari belajar terburu-buru guys. Memang semua pelajar Bahasa Inggris ingin secepatnya bisa memiliki kemampuan speaking yang baik. Tapi apalah arti kemampuan speaking yang mumpuni jika kita tidak mampu memahami apa yang diucapkan oleh lawan bicara kita. Fokuslah pada program latihan mendengarkan selama 6 bulan kita. Jangan bosan untuk mengulang-ulangi sebuah materi pelajaran. Semakin sering diulang akan semakin baik bagi otak kita sehingga akan mempermudah kita dalam berbicara nantinya, di mana kita bisa berbicara secara otomatis tanpa perlu banyak berpikir lagi.

Semoga dengan kesabaran yang kita jalani dikemudian hari akan memberi hasil yang terbaik bagi kita semua. Selalulah yakin pada diri sendiri bahwa usaha keras kita dalam belajar pasti akan berbuah manis. "Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan sampai pada tujuan". Banyak-banyaklah mengingat nasehat ini, inshaAllah kita akan kembali semanga di saat rasa bosan dan jenuh menyerang secara tiba-tiba. 

Sekian uraian yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini guys. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua khususnya kepada diri penulis sendiri. Jangan pernah lelah untuk terus belajar, bekerja keras dan berkarya.

Selamat menanti waktu berbuka puasa bagi yang menjalankannya. 
Sampai jumpa pada aturan 5 inshaAllah !!

0 Komentar untuk "4. Aturan Keempat : Belajar Secara Mendalam"

Back To Top