Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

1. Aturan Pertama : Pelajari Frasa, Bukan Kata Tunggal

Berdasarkan judul aturan pertama ini mungkin ada diantara rekan-rekan ingin bertanya, apakah sebenarnya pengertian frasa?  Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat non-predikatif. Adapun maksud dari pengertian ini adalah bahwa tidak adanya predikat diantara kedua kata itu. Contoh :
  • Bunga mawar
  • Laut Luas
  • Lari pagi
  • Meja kerja

Pelajari Frasa, Bukan Kata Tunggal

Dalam belajar Bahasa Inggris khususnya untuk kita yang masih pemula, kita harus benar-benar bisa memahami metode belajar yang benar. Ada banyak metode belajar saat sekarang ini, baik yang gaya lama maupun yang baru. Kita harus jeli dalam memilih metode-metode yang ada tersebut.

Yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini adalah metode belajar versi A.J. Hoge, seorang guru Bahasa Inggris dari Amerika yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun mengajar Bahasa Inggris baik secara offline maupun online dan muridnya berasal dari berbagai negara. Beliau mengklaim bahwa metode belajarnya adalah yang terbaik di dunia. Ada 7 aturan belajar versi beliau dan kita akan memulai dari aturan pertama seperti pada judul artikel kita ini "pelajari frasa, bukan kata tunggal".

Untuk aturan pertama ini, kita akan mengutip penjelasan dari beliau dan kita juga bisa menonton video penjelasannya melalui youtube. Rekan-rekan bisa melihatnya di sini : Aturan pertama A.J. Hoge . Baiklah kawan, berikut ulasan dari beliau :

"Nama saya A.J. Hoge. Saya menetap di San Fransisco, Amerika Serikat. Saya adalah seorang guru Bahasa Inggris. Saya bergelar Master dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris. Saya menikmati jalan-jalan, menyelam, mengendarai sepeda motor, film, dan belajar Bahasa Spanyol. 

Saya akan mengajari Anda sebuah metode baru untuk belajar. Saya akan mengajari Anda bagaimana belajar - berbicara Bahasa Inggris dengan cepat dan lebih mudah.

 Saran Untuk Pelajaran Bahasa Inggris Pertama Anda

 Bayangkan berbahasa inggris secara otomatis... tanpa berpikir. Kata-kata terlontar dari mulut Anda dengan mudah, dan cepat. Anda langsung paham.

Agar bisa melakukan ini, Anda harus mengubah cara Anda belajar Bahasa Inggris. Tindakan pertama Anda adalah berhenti belajar kata-kata Bahasa Inggris. Apa ?
Berhenti belajar kata-kata Bahasa Inggris. 

Itu benar, jangan menghapal kata-kata. Penutur/pengguna asli tidak belajar Bahasa Inggris dengan mengingat setiap kata. Penutur asli belajar frasa.

Belajar Bahasa Inggris 4x Lebih Cepat.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. James Asher membuktikan bahwa belajar dengan frasa adalah 4-5 kali lebih cepat dibanding mempelajari kata-kata tunggal. 4-5 kali lebih cepat. Juga, siswa yang belajar frasa memiliki tata bahasa (grammar) yang jauh lebih baik.

Ketika Anda menemukan sebuah kata baru. selalu tuliskan frase tersebut(di mana kalimat itu berada). Selalu. Ketika Anda meninjau, tinjaulah selalu semua frase,.. bukan kata.  

Kemampuan berbicara dan tata bahasa Anda akan meningkat 4-5 kali lebih cepat. Selalu tulis frasa/kalimat lengkap.  Jangan pernah lagi belajar kata tunggal. Jangan pernah menulis kata tunggal pada buku catatan Anda, Pelajari Frasa Saja."

Demikian penjelasan dari A.J. Hoge tentang pentingnya mempelajari frasa bukan kata. Sebab jika kita mempelajari kata tunggal, apalagi kata tunggal yang berbahasa Indonesia kemudian kita artikan ke dalam Bahasa Inggris maka kata tersebut akan mengalami pergesaran arti dan makna, bakan bisa lebih jauh dari itu. Olehnya itu sangat penting bagi kita untuk mempelejari arti dari frasa, bagaimana mengenali dan mengaplikasikannya di dalam kalimat.


Sekian ulasan tentang aturan pertama  versi A.J. Hoge. Semoga kita semua dapat memahami pengertian frasa sehingga kita tidak salah lagi di dalam belajar di mana dulunya kita selalu mempelajari kata tunggal. Berikutnya inshaallah kita akan mengulas atura kedua, yakni "jangan belajar aturan grammar".
Selamat belajar kawan..


0 Komentar untuk "1. Aturan Pertama : Pelajari Frasa, Bukan Kata Tunggal"

Back To Top