Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan

Listening skill atau keterampilan mendengarkan merupakan salah satu keterampilan utama dalam berkomunikasi, termasuk di dalamnya berkomunikasi dengan menggunakan English. Olehnya itu keterampilan mendengarkan merupakan salah satu keterampilan yang sering diajarkan oleh sekolah maupun kursus Bahasa Inggris. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa ada 4 keterampilan dasar dalam Bahasa Inggris yakni Listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis).

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin share tentang bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan. Materi ini berbentuk video yang penulis dapatkan dari channel youtube milik Espresso English. Teknik yang diberikan dalam video ini dapat membantu kita menemukan cara belajar Bahasa Inggris yang baik khususnya belajar dengan metode listening. 

Khusus pelajar yang menganut sebagian besar metode belajar dari A.J. Hoge tentunya sangat membutuhkan teknik mendengarkan yang baik karena materi belajar A.J. Hoge hampir semuanya berbentuk audio file, dan sesuai dengan salah satu aturan belajar Bahasa Inggris dari beliau yang sangat menekankan metode pendengaran yakni, listen, listen and listen. Kata beliau, semakin sering kita mendengarkan, maka akan semakin baik kemampuan berbicara kita. Untuk menjadi seorang pembicara yang baik, kita harus menjadi seorang pendengar yang baik.

Well guys, mari kita menuju ke materinya di bawah ini. Selamat menyaksikan. Here we go..

How To Improve Your English Listening



Intro

If you have difficulties in listening, you're not alone. This is one of the most common problems for English Learners. -- Jika Anda memiliki kesulitan dalam mendengarkan, Anda tidak sendirian. Ini adalah salah satu masalah yang paling umum untuk pembelajar Bahasa Inggris.

It's frustating and embarassing when you can't understand spoken English. In this lesson, I'm going to explain why it's so difficult and teach you how to improve. -- Itu membuat frustrasi dan memalukan ketika Anda tidak dapat memahami Pembicaraan Bahasa Inggris. Dalam pelajaran ini, saya akan menjelaskan mengapa itu begitu sulit dan mengajarkan cara untuk meningkatkannya.

3 Alasan Sulitnya Mendengarkan Bahasa Inggris 

Listening to english and successfully understanding it is difficult for 3 reasons -- Mendengarkan Bahasa Inggris dan berhasil memahaminya adalah sulit untuk 3 alasan :
  1. Many English words are pronounced differently from their written form -- Banyak kata-kata Bahasa Inggris yang diucapkan berbeda dari tulisannya.
    Ada kata-kata yang ketika ducapkan salah satu hurufnya dihilangin atau tidak disebut. Hal ini dinamakan dengan silent letter. Contohnya :
    - Thought diucapkan thout (huruf "gh" ga disebutkan)
    - Island diucapkan iland (huruf "s" tidak disebutkan)
    - Muscle diucapkan musel
    (huruf "c" tidak disebutkan)
    Dan juga banyak huruf yang diucapkan degan cara yang berbeda, seperti huruf "a" pada :
    - Apple diucapkan apel
    - Father diucapkan father
    - Game diucapkan geim
  2. When native speakers talk fast, we "link" the words together. We don't pronounce every individual word clearly -- Ketika penutur asli berbicara cepat, kami "menyambung" kata-katanya bersama-sama. Kami tidak mengucapkan setiap kata tunggal dengan jelas.
    Contohnya :
    - How are you feeling today?  (akan terdengar seperti "howrya feelin' today?")
    - I'm going to have lunch  (akan terdengar seperi "I'm gonnahav lunch")

    This "linking" happens in all English sentences, and it's one BIG reason that it's so difficult to understand
    -- "Penyambungan" ini terjadi pada semua kalimat Bahasa Inggris, dan itu adalah satu alasan BESAR bahwa betapa sulit memahaminya.
  3. Too little practice -- Jarang sekali praktek
    Most students read too much and don't listen to enough English -- Sebagian besar pelajar terlalu banyak membaca dan tidak cukup mendengarkan Bahasa Inggris.

    Babies and young children learn English by listening FIRST and reading later... So English listening practice is essential -- Bayi dan anak kecil belajar Bahasa Inggris dengan mendengarkan TERLEBIH DAHULU dan membaca kemudian... Jadi praktek mendengarkan Bahasa Inggris sangat penting sekali.

Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan

Ok, now that you know WHY listening is difficult, here is HOW to improve it -- Baiklah, sekarang Anda tahu MENGAPA mendengarkan itu sulit, berikut BAGAIMANA meningkatkannya.

There are two ways -- Ada dua caranya :
- Practicing every day -- praktek setiap hari

- Practicing the right way -- praktek dengan cara yang benar

TIPS 1 : PRACTICE EVERY DAY -- Praket Setiap Hari

Create the habit of listening of English for 15 minutes daily. If you're busy and you don't have much time, listen while driving to work/school, taking public transportation, excercising, or doing housework -- Buatlah kebiasaan mendengarkan Bahasa Inggris selama 15 menit rutin tiap hari. Jika Anda sibuk dan tidak punya banyak waktu, dengarkan saat berkendara ke tempat kerja/sekolah, saat di angkutan umum, olahraga, atau saat mengerjakan pekerjaan rumah (pekerjaan rumahan seperti menyapu, mencuci, menyetrika, dll).

What should you listen to? -- Apa yang harus Anda dengarkan?
3 sites with audio/text -- 3 website dengan audio/teks :
  • VOA Special English (berita dalam aksen American English)
  • BBC Six-Minute English (berita dan gaya hidup dalam aksen British English)
  • Elllo.org (diskusi dan percakapan dalam berbagai aksen Bahasa Inggris)

TIPS 2 : PRACTICE THE RIGHT WAY -- Praktek dengan Cara yang Benar

There's a "right way" and a "wrong way" to practice English listening -- Ada "cara benar" dan "cara salah" untum praktek mendengarkan Bahasa Inggris.

 Wrong way -- cara salah:
  • Try to listen once -- mencoba untuk mendengarkan satu kali
  • You don't understand every word and you get frustated -- Anda tidak mengerti setiap kata dan Amda mengalami frustasi
  • So, you give up and stop -- Jadi, Anda menyerah dan berhenti
Right way -- cara benar:
  • Relax and know that it's completely normal to have limited understanding the first time you listen -- Santai dan ketahui bahwa sangat normal untuk memiliki pemahaman terbatas pada saat pertama kali anda mendengarkan.
  • Listen the first time for the general topics. Don't try to understand every word, just try to understand the main ideas -- Dengarkan pertama kalinya untuk topik umum. Jangan mencoba untuk memahami setiap kata, cukup coba untuk memahami gagasan utamanya.
  • Listen again and now try to understand some more specific details. (It's OK not to catch every word). -- Dengarkan lagi dan sekarang coba untuk memahami beberapa rincian lebih spesifik. (Adalah baik-baik saja untuk tidak menangkap" mengetahui dengan pasti" setiap kata).
  • Listen the third time while reading the transcript (text). Now you can pay attention to the individual words -- Dengarkan untuk ketiga kalinya saat membaca transkrip (teks). Sekarang Anda dapat memperhatikan (dengan seksama) setiap kata tunggal.
This type of listening - from more general to more specific - is the most effective way to practice and improve your English listening ability -- Ini adalah jenis mendengarkan - dari lebih umum ke lebih khusus - adalah cara paling efektif untuk praktek dan meningkatkan kemampuan mendengarkan Bahasa Inggris Anda.

YOUR ACTION ITEM -- Tindakan Pokok Anda

Try it -- Cobalah!

Go to one of the websites and listen to one program 3 times -- Pergi ke salah satu website dan dengarkan satu program sebanyak 3 kali.

Practice listening every day for 15 minutes + Practices effectively = Improve fast -- Praktek mendengarkan setiap hari selama 15 menit + Praktek secara efektif = Meningkat cepat.

Sekian sedikit ulasan dari materi kali ini tentang metode untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan atau listening ability. Pada akhirnya sesuai tujuan, kini kita semua telah mengetahui cara untuk praktek mendengarkan yang efektif, tinggal kembali lagi kepada diri kita masing-masing, sanggup apa tidak praktek selama 15 menit setiap hari tanpa ada libur termasuk di dalamnya hari sabtu dan minggu atau hari tanggal merah lainnya. 

Semua tergantung niat dan motivasi belajar kita guys. Jika kita punya niat kuat dan motivasi tinggi, 15 menit itu sangatlah ringan. 
coba bandingkan teman-teman di kampung Inggris yang mengikuti salah satu terapi yang ada, mereka mulai latihan mendengarkan saat jam 2 subuh selama 2 jam. Di pagi hari lanjut lagi sampai malam selama beberapa jam. Begitu pentingnya kemampuan mendengarkan ini sehingga diperlukan semangat besar dalam mempraktekkannya.

Cukup dulu sedikit hal yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua mampu untuk meningkatkan kemampuan keterampilan mendengarkan.

Happy learning and have a great day !! 



Tag : Listening
0 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan"

Back To Top