Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Kosakata (Vocabulary) Tentang "Kerja"

vocabulary work, kosakata tentang pekerjaanSetiap orang menginginkan sebuah pekerjaan yang dengannya sesorang dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apakah rekan-rekan sudah tahu bagaimana berbicara tentang pekerjaan dalam English? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas pelajaran vocabulary yakni "kosakata (vocabulary) tentang pekerjaan" yang akan dibawakan oleh mentor Alex dari engvid.com (videonya bisa rekan-rekan lihat di youtube : "talking about work").  Ada beberapa vocabulary penting yang akan kita pelajari, misalnya overtime, shift, get off, dan lainnya. Mari kita simak ulasan singkatnya. Here we go..

Berbicara Tentang Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris

Ada banyak pertanyaan yang sering dilontarkan kepada kita sehubungan dengan pekerjaan. Mulai dari jenis pekerjaan kita, tempat bekerja, waktu kerja, bahkan terkadang ada yang ga tanggung-tanggung bertanya tentang gaji. Hehe..

Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan tentang pekerjaan dalam Bahasa Inggris:

  • "Where do you work?"  (di mana Anda bekerja?)

  • "When do you start/finish?" (Kapan Anda mulai/selesai?)

  • Untuk menanyakan "finish" (waktu selesai/ pulang kerja) ada dua cara lainnya :

    - When are you off?
    - When do you get off work?
  • Untuk menjawabnya kita bisa mengatakan :

    - "I work day/afternoon/night shift" (Saya kerja shift siang/sore/malam)
    - "I'm on days/afternoons/nights" (Saya kerja shift siang/sore/malam)
    --> Shift artinya pembagian jam kerja, biasanya untuk perusahaan yang memiliki 24 jam kerja. Contohnya pada tambang batubara, ada dua shift yakni shift siang dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore, sedang untuk shift malam masuk kerja dari pukul 18:00 sore sampai dengan pukul 06:00 pagi.
  • "Are you doing/working overtime tonight?" (Apakah Anda kerja lembur malam ini?)

    --> Overtime (lembur) artinya bekerja di luar jam kerja wajib. Misalnya Anda bekerja di sebuah kantor dengan jam kerja wajib dari pukul 08:00 - 17:00 siang. Namun karena kerjaan sedang banyak maka Anda diminta atasan untuk pulang pada pukul 9 malam (21:00). Jadi Anda telah bekerja lembur sebanyak 4 jam.
  • "Jackie Called in sick last Friday" (Jackie ijin sakit pada hari Jumat yang lalu).

    --> Called in sick (ijin sakit) berarti melakukan panggilan telpon kepada atasan untuk meminta ijin tidak masuk kerja karena kondisi badan yang sedang tidak bugar (sakit). Namun terkadang tidak sedikit karyawan yang menyalah gunakan hal ini. Misalnya dia ingin berkunjung ke acara teman , namun dia beralasan sakit ke atasan demi menghadiri acara temannya tersebut.

  •  "I need avacation. I've been working like a dog" (Saya butuh libur. Saya telah bekerja sampai ngos-ngosan).

    --> Like a dog adalah sebuah ungkapan (expression) atau slang yang berarti bekerja sangat keras sampai ngos-ngosan atau kecapean yang sangat.
    --> Untuk ungkapan yang lebih sopan, kita bisa menggunakan kata "my butt off". (I've been working my butt off). Artinya sama yakni bekerja sampai kelelahan.
  • "I'm not getting enough hours" (Saya tidak mendapatkan jam yang cukup).

    --> Maksudnya adalah kita tidak mendapatkan jam kerja yang cukup. Untuk menambah pengalaman ataupun penghasilan, kita membutuhkan jam kerja yang lebih banyak.
  • "Can you come in early?" (Dapatkah Anda datang lebih awal?)


    .
    --> Umumnya permintaan seperti ini diajukan oleh atasan kepada bawahannya. Maksudnya adalah kita diminta untuk datang lebih awal dari jam kerja biasanya. Misalnya jika kita biasanya masuk kerja pada pukul 08:00 pagi, maka kita datang ke kantor pukul 07:45. Tapi karena ada urusan yang penting makanya atasan meminta kita untuk datang lebih awal pada pukul 06:30 pagi.
  • "I had to stay late". (Saya harus kerja lebih/pulang telat).

    --> Stay late merupakan sebuah ungkapan untuk menggambarkan bahwa kita lagi banyak pekerjaan sehingga harus rela pulang lebih telat dari jam normal.
  • "Have you had any time off this year?". (Apakah Anda memiliki waktu libur tahun ini ?)

  • "She took a day off yesterday". (Dia mengambil hari libur kemarin).

    --> Day off (libur) di sini maksudnya bukan libur yang sesuai jadwal. Misalnya kita jadwal liburnya hari minggu, akan tetapi berhubung kita lagi ada keperluan yang sangat penting di hari Rabu untuk menghadiri jadwal periksa di salah satu dokter maka kita minta libur di hari tersebut.
    Itu tadi guys sedikit ulasan dari materi vocabulary yang dibawakan oleh mentor Alex. Penting untuk kita pahami bahwa dalam kehidupan sehari-hari, para native speaker cenderung untuk berkomunikasi menggunakan kata-kata expression (ungkapan) ataupun slang. Jadi memang benar apa yang diungkakan oleh A.J. Hoge bahwa belajar menggunakan buku-buku paket dan CD belajar tidak akan banyak membantu kita dalam memahami native speaker.

    Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta keterampilan berbahasa inggris kita. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, inshaAllah.
Tag : Vocabulary
0 Komentar untuk "Kosakata (Vocabulary) Tentang "Kerja""

Back To Top