Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Tiga (3) Tips Cepat dan Mudah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris, tips dan trik belajar bahasa inggris, cara meningkatkan kemampuan bahasa inggrisApakah rekan-rekan ingin menjadikan kegiatan belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menyenangkan? Apakah rekan-rekan mencari cara untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari? Tonton video dari engvid.com yang dibawakan oleh mentor James untuk mengetahui 3 tips yang dijamin dapat membuat rekan-rekan belajar cepat dan menguasai Bahasa Inggris sekaligus menjadi produktif dalam hidup rekan-rekan di saat yang sama. Ketiga tips ini telah dicoba dan diuji oleh banyak pelajar bahasa. Dan mentor James akan membagikan pengalaman mereka kepada kita semua. Rekan-rekan dapat melakukan tips ini dari rumah, dan juga gratis. Jadi tunggu apalagi??

3 Quick and Easy Tips To Improve your English

Selamat pagi rekan-rekan.. Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat sehingga dapat beraktivitas dengan lancar di pagi hari ini sampai menjelang waktu istirahat nanti inshaAllah. Amin.. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin share sebuah materi dari engvid tentang 3 tips belajar mudah dan cepat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris. Materi ini berbentuk video yang dapat rekan-rekan lihat melalui saluran youtube : 3 quick and easy tips to improve your english

Well guys, penulis akan memberi sedikit ulasan tentang video tersebut khususnya kepada rekan-rekan yang masih sangat pemula sehingga kesulitan memahami maksud dari pembelajaran pada video tersebut. Harapannya dengan mengulas dalam bentuk tulisan, akan dapat mempermudah bagi para pemula untuk memahami tips belajar yang disampaikan pada video. Oke guys, langsung saja kita menuju ke ulasan singkatnya. Here we go !!

Tips 1 : Reduce Your Stress (Kurangi Stress Anda) 

Yang namanya sebuah proses belajar, suatu saat pasti akan membuat kita menjadi stress. Seberapa tinggipun motivasi belajar yang kita miliki, stress pasti akan menyerang kita. Stress itu wajar dan selalu akan dirasakan oleh setiap orang. Menurut pelajaran yang telah penulis dapatkan, disebutkan bahwa stress itu penting dan dibutuhkan sebagai penggerak bagi manusia untuk menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Namun saat stress tersebut telah melebihi batas normalnya maka dapat mengganggu kondisi kejiwaan seseorang, apalagi kalau sudah pada tingkatan tertinggi. Seingat penulis, ada 4 level/tingkatan dari stress. Namun kita tidak akan membahas hal tersebut. Hehe..

Menurut mentor James, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress dan cara tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita. Diantaranya :
  • "Listen to music" (mendengarkan musik).
    Tidak semua orang memperbolehkan dirinya mendengarkan musik, jadi kita mencoba untuk fleksibel ya guys. Penulis hanya menyampaikan isi materi dari video materi kali ini.
    Mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris  kesukaan Anda sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda, khususnya kemampuan mendengarkan (listening). Cara ini paling mudah dilakukan, dengan berbekal smartphone, Anda dapat melakukannya di temapat mana saja yang Anda sukai.
  • "Watch videos & TV" (nonton video & TV).
    Tentunya yang ditonton adalah video dan program TV berbahasa inggris contohnya Naruto English Dub, Discovery Channel, Film Hollywood, dan lain sebagainya. Hal ini sudah pernah kita bahas pada aturan belajar versi A.J. Hoge yakni aturan keenam. Penulis pribadi banyak belajar dari film Naruto dan talkshow di Youtube khususnya talkshow yang berhubungan dengan dunia anak-anak.
  • "Play games" (main game).
    Bermain games juga merupakan salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Asal jangan berlebihan mainnya, karena setiap yang berlebihan tentunya tidak baik hasilnya.
Masih bagian dari tips 1, jika sebelumnya kita disarankan untuk mengurangi stress, maka tips lainnya adalah kebalikannya, yakni meningkatkan stress. Mengapa stress harus ditingkatkan? Seperti pada kata pengantar kita di atas telah penulis sebutkan bahwa stress yang normal itu dibutuhkan untuk membuat kita lebih bersemangat dalam beraktivitas termasuk di dalamnya adalah belajar Bahasa Inggris. Saat kita sedang sangat santai, terkadang kita agak malas belajar, sehingga proses belajar menjadi lambat. Olehnya itu, kita perlu untuk meningkatkan stress agar proses belajar menjadi lebih cepat.

Bagaimana cara meningkatkan stress dalam belajar Bahasa Inggris?  Menurut mentor James, caranya adalah :
  • "Speed talking" (bicara cepat)
    Untuk praktek bicara cepat, kita bisa melakukannya dengan berbicara langsung kepada diri sendiri dengan tempo yang lebih cepat dibandingkan saat kita berbicara normal, atau bisa juga dengan praktek dengan pelajar lainnya.
  • "Speed listening" (mendengar cepat)
    Untuk mendengar cepat, kita bisa melakukannya dengan cara mendengarkan file audio ataupun video melalui aplikasi player yang dapat disetel kecepatannya. Kita bisa menset pada speed 1,2x atau lebih cepat lagi misalnya 1,4x dan seterusnya sampai pada level yang membuat kita kesulitan untuk memahami ucapan pada audio atau video tersebut.

Tips 2 : Reducing Using Those Wonderful Toys (Kurangi dengan Menggunakan Mainan Hebat Mereka)

Apa yang dimaksudkan oleh mentor James di sini dengan mainan hebat adalah mesin atau teknologi mutakhir yakni :
  • Translators
  • Smartphone
Menggunakan teknologi ini disatu sisi dapat memanjakan kita sehingga membuat kita lemah dalam belajar. Seperti penggunaan Google translate, aplikasi pronunciation, dan lainnya. Namun di sisi lain, kita dapat menggunakan teknologi ini untuk membuat kita menjadi lebih cepat dalam belajar. Misalnya jika kita menemukan kata-kata baru dalam Bahasa Inggris, kemudian kita ingin mencatat  arti dan definisinya, kita tidak perlu lagi repot-repot menuliskannya dalam buku karena semua itu sudah tercatat dengan rapi di dalam aplikasi seperti Google translate. Jadi bisa menghemat kertas dan tentunya menghemat memori otak kita karena kita tak perlu menghapalnya. 

Jadi positif atau negatif penggunaan teknologi dalam belajar Bahasa Inggris itu tergantung dari pribadi masing-masing pelajar. Rekan-rekan yang memilih, apakah ingin menjadi manja atau menjadi seorang pembelajar tangguh yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi.

Tips 3 : "Reduce fear / be brave" (kurangi rasa takut / jadilah pemberani)

cara meningkatkan rasa percaya diri, berani
Bagaimana caranya untuk menjadi lebih berani dalam mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris kita dalam kehidupan sehari-hari? Berikut tipis yang diberikan oleh mentor James dalam hal ini :
  • "Order food" (memesan makanan)
    Memesan makanan pada sebuah restoran dapat menjadi bahan praktek belajar Bahasa Inggris kita. Kita bisa memesannya melalui telpon. Itu tentunya akan menjadi pengalaman menarik bagi kita dalam mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris kita secara lebih nyata.
  • "Write a pen pal" (menulis sahabat pena).
    Caranya adalah dengan praktek Bahasa Inggris dengan teman pena kita. Kalau jaman sekarang adalah teman media sosial kita. Dengan berkiriman tulisan dengan mereka akan melatih kita untuk menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik, sesuai dengan grammar dan aturan menulis lainnya. Diperlukan keberanian untuk melakukan hal ini sebab masih banyak diantara kita yang malu untuk mencoba praktek bertukar tulisan dan saling mengkoreksi dengan teman media sosialnya khususnya yang berasal dari negara native speaker atau penutur asli yang mana Bahasa Inggris mereka pastinya sudah bagus.
  • "Make Up a Business and Call Companies" (Membuat Panggilan/Telepon Bisnis dan Perusahaan)
    Untuk tips ini tentunya dibutuhkan keberanian dan kemampuan yang lebih baik karena lawan praktek kita adalah pihak dari perusahaan yang tentunya gaya berkomunikasinya lebih sopan dan rapi. Kita tidak bisa asal-asala berbicara seperti saat praktek dengan teman. Bagaimana cara melakukan praktek ini? Cukup mudah untuk melakukannya, contohnya jika rekan-rekan memiliki sebuah bisnis online kecil-kecilan, tentunya tidak asing lagi dengan Paypal kan. Saat teman-teman ada masalah dengan akun Paypalnya tentu harus menelpon customer servicenya. Gunakanlah momen itu untuk mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris dari rekan-rekan.

Kesimpulan

Sekian ulasan singkat untuk materi belajar  kita kali ini. Semoga dengan tips yang telah diberikan oleh mentor James, kita dapat memperbiki cara belajar kita sehingga kita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita dengan lebih cepat.  Tips ini tentunya sangat bagus dan sesuai dengan aturan belajar Bahasa Inggris versi A.J. Hoge yang penulis yakini sebagai metode belajar Bahasa Inggris terbaik saat ini khususnya untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking.

Tetap semangat belajarnya guys,, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya inshaAllah...
2 Komentar untuk "Tiga (3) Tips Cepat dan Mudah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris"

Sangat bermanfaat. terima kasih mas Sukri. Saya jadi tertarik untuk belajar bahasa inggris lagi nih.

Sama-sama mbak Tentra Anjani. Namanya belajar Bahasa sifatnya long life kan. Ga ada berhentinya. Perbaikan terus menerus..
Selamat belajar mbak..

Back To Top