Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

I Was Alone

saya sedih, penggunaan kata those, past tenseHallo rekan-rekan semuanya.. Selamat berjumpa kembali pada artikel pembelajaran English kita. Setelah beberapa hari tidak sempat membuat artikel untuk diposting berhubung banyaknya tugas kuliah yang harus dikerjakan, maka pada hari ini Alhamdulillah penulis telah berkesempatan untuk membuat artikel lagi. Kali ini, penulis ingin share materi berupa gambar motivasi. Kita akan mengulas sedikit hal-hal yang bisa kita ambil dari gambar tersebut sebagai pembelajaran kita.

I Was Sad

Ulasan Singkat

Pada gambar tersebut, kita memiliki 4 kalimat sederhana. Kita akan mencoba mengulas sedikit tentang kalimat tersebut. Here we go.. :

I was alone (saya telah kesepian)

Kalimat ini adalah kalimat berbentuk lampau (terjadi di masa lalu) dan tidak berhubungan secara langsung dengan kondisi sekarang. Maksudnya adalah bahwa kejadian tersebut telah terjadi dan selesai di masa lalu. Tandanya adalah kata "was" pada kalimat tersebut. Apakah penggunaan "was" selalu menandakan bentuk masa lampau? Ya. Itu adalah tanda kalimat yang terjadi di masa lampau. Karena subjeknya "I" maka pasangannya adalah "was". Selain "I", subjek yang berpasangan dengan "was" adalah "she,he,it". Sedangkan untuk subject "you, they, we" pasangannya adalah "were".

I was rejected (saya telah ditolak)

Penjelasannya sama dengan "I was alone", hanya saja di sini ada penggunaan kata kerja yakni "rejected". Untuk kalimat yang menggambarkan sesuatu yang telah terjadi maka digunakan kata kerja bentuk kedua (Verb II). "Rejected" adalah bentuk kata kerja kedua dari "reject". Karena merupakan kata kerja beraturan (reguler verbs) maka tinggal ditambahkan "ed" atau "d" saja.

I was sad (saya telah sedih)

Penjelasannya sama dengan "I was alone".

But those are the reasons why I became so strong (Namun itu adalah alasan mengapa saya menjadi begitu kuat)

Kalimat ini juga berbentuk lampau. Tandanya adalah pada kata kerja "became". Ini adalah kata kerja bentuk kedua dari "become" (kata kerja tidak beraturan/irreguler verbs). Yang perlu kita pahami adalah mengenali bentuk waktu sebuah kalimat dari kata kerja yang digunakan ataupun "to be" yang digunakannya. Namun tidak perlu untuk dihapalin, yang penting dipahami saja.

Penggunaan kata "those" berfungsi sebagai kata tunjuk untuk sesuatu yang letaknya jauh dan jamak (jumlahnya lebih dari satu). Pada kasus ini yang ditunjukkan oleh "those" adalah "alone, rejected dan sad".

Sekian ulasan singkat kita pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, inshaAllah..
Tag : Motivasi
0 Komentar untuk "I Was Alone"

Back To Top