Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Greetings, Travel & Direction Common Phrases

Kemarin kita telah membahas bagian pertama tentang frasa yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari para native speaker (penutur asli). Pada hari ini kita akan membahas bagian kedua yakni frasa umum tentang salam, perjalanan dan arah.

Tentunya frasa tentang salam bukanlah hal yang baru lagi bagi kita karena hampir setiap praktek speaking, ucapan salam selalu menjadi hal pertama yang kita ucapkan. Dalam pergaulan sehari-haripun seperti itu, salam merupakan kata pertama yang mesti kita ucapkan saat bertemu dengan orang lain begitu juga saat ingin berpisah.

Pun demikian halnya dengan frasa tentang perjalanan dan arah, sangat penting bagi kita untuk memahaminya dengan baik sehingga jika suatu saat kita ingin mengujungi sebuah tempat baru khususnya di negara di mana penduduknya mayoritas berbahasa inggris maka kita tidak akan mengalami kesulitan lagi di dalam bertanya. Dan untuk hal ini, rekan-rekan tak perlu menghapalnya, cukup dipahami saja. Mencoba untuk menghapal frasa-frasa ataupun vocabulary hanya akan memperlambat proses belajar kita. Well guys, mari kita menuju ke ulasan singkatnya.  Here we go..

Frasa Umum Tentang "Salam dan Perjalanan & Arah 

Ulasan Singkat

Greetings (Salam)

Berikut ini adalah beberapa  frasa umum tentang salam :

- Good afternoon = Selamat sore
- Good evening sir = Selamat malam pak
- Good luck = Semoga berhasil
- Good morning = Selamat pagi
- Great = Baik
- Happy Birthday = Selamat ulang tahun
- Have a good trip = Semoga perjalannya baik-baik
- Hello = Hallo
- How's it going = Bagaimana kabarmu
- How are you  = Bagaimana kabarmu
- How do you do = Bagaimana kabarmu
- Hi ! = Hai!
- I'm good = Saya baik-baik
- Nice to meet you = Senang berjumpa denganmu
- Please call me = Harap hubungi saya


Travel & Direction (Perjalan & Arah)

Dan berikut ini adalah kumpulan frasa umum tentang perjalanan dan arah :
- A one way ticket = Tiket sekali jalan
- A round trip ticket = Tiket pulang pergi (PP)
- About 300 kilometers = Sekitar 300 kilometer
- Are you going to help her? = Apakah Anda akan menolongnya (wanita)?
- At what time? = Pada pukul berapa?
- Can I make an appoinment for next Wednesday? = Dapatkah saya membuat janji untuk Rabu depan?
- Can you repeat that please? = Tolong, bisakah Anda mengulagi itu?
- Do you have enough money? = Apakah Anda punya cukup uang?
- Do you know how to cook? = Apakah Anda tahu cara memasak?
- Do you know what this says? = Apakah Anda tahu perkataan ini?
- Do you want me come and pick you up? = Apakah Anda ingin saya datang dan menjemput Anda?
- Does this road go to New York? = Apakah jalan ini menuju ke New York?
- Follow me = Ikuti saya
- From here to there = Dari sini ke sana
- Go straight ahead = Lurus saja ke depan
- Have you arrived? = Apakah Anda sudah tiba?
- Have you been to Boston? = Apakah Anda pernah ke Boston?
- How do I get there? = Bagaimana saya bisa sampai ke sana?
- How do I get to Daniel Street? = Bagaimana saya bisa sampai ke jalan Daniel?
- How do I get to the American Embassy? = Bagaimana saya bisa sampai ke keduataan Amerika
- How long does it take by car? Berapa lama waktu yang dibutuhkan dengan naik mobil?
- How long does it take to get to Georgia? = Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Georgia
- How long is the flight? = Berapa lama penerbangan itu
- How was the movie? Bagaimana filmnya?
- I have a question I want to ask you / I want to ask you a question = Saya ingin menanyakan sesuatu kepadamu
- I wish I had one = Saya berharap saya punya satu
- I'd like to make a phone call = Saya ingin membuat panggilan telepon
- I'd like to make a reservation = Saya ingin membuat reservasi / pemesanan tempat
- I'll take that one also = Saya akan mengambil itu juga
- I'm coming right now = Saya datang sekarang 
- I'm going home in four days = Saya akan pulang dalam waktu empat hari
- I'm leaving tomorrow = Saya pergi besok
- I'm looking for the post office = Saya sedang mencari kantor pos
- Is this pen yours? = Apakah ini polpenmu ?
- One ticket to New York please = Permisi, satu tiket ke New York
- One way or round trip? = Sekali jalan atau pulang pergi?
- Please speak slowler = Harap bicara lebih lambat
- Please take me to the air port = Tolong antar saya ke Bandara
- That way = Begitu
- The plane departs at 5:30 PM = Pesawat berangkat pukul 05:30 sore
- They arrived yesterday = Mereka tiba kemarin
- Turn around = berbelok
- Turn left = Belok kiri
- Turn right = Belok kanan
- What time are you going to the bus station? = Pukul berapa Anda akan ke terminal bus?
- When did this happen? = Kapan ini terjadi?
- When did you arrived in Boston? = Kapan Anda tiba di Boston?
- When do we arrive? = Kapan kita tiba?
- When do we leave? = Kapan kita berangkat?
- When does he arrive? = Kapan dia tiba?
- When does it arrive? = Kapan itu tiba?
- When does the bank open? = Kapan bank itu buka?
- When does the bus leave? = Kapan bus itu berangkat?
- Where can I mail this? = Di mana saya bisa mengirimkan ini?
- Where is she from? = Darimana dia berasal?
- Where is the bathroom? = Di mana kamar mandinya?
- Why not? = Kenapa tidak?
- Will you remind me? = Akankah kamu mengingatkanku?


Summary / Kesimpulan

Demikian beberapa frasa umum tentang salam dan juga perjalanan & arah. Semoga dapat menambah wawasan kita. Cara kita mengucapkan salam yang dulunya hanya bisa mengucapkan good morning, how are you, hallo, kini telah menjadi lebih bervariatif. Untuk menanyakan kabar kita bisa mengatakan how's it going, what's up ataupun how do you do. Ucapan ini lebih kasual dan sangat sering digunakan oleh native speaker. Berbeda dengan how are you yang lebih formal, jarang sekali digunakan dalam pergaulan sehari-hari native speaker.

Begitu pula halnya dalam cara kita bertanya arah dan letak sebuah tempat. Semoga dengan adanya ulasan tentang frasa perjalanan & arah dapat memperluas wawasan kita sehingga kita lebih variatif dan percaya diri dalam bertanya.

Sekian artikel singkat kita pada kali ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya inshaAllah.

Tag : Vocabulary
0 Komentar untuk "Greetings, Travel & Direction Common Phrases"

Back To Top