Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Part of Growing Up

"Yes, I could have made some different choices in life but I did what I did, both good and bad and I am not who I was, I have moved on, It's all part of growing up". Ini adalah sebuah kutipan yang sangat kuat maknanya. Kuat dalam artian mampu membangkitkan keberanian orang yang membacanya untuk berani mengambil keputusan besar dalam hidupnya dengan tujuan mengembangkan dan memaksimalkan potensi diri. Dalam Bahasa Indonesia, kutipan tersebut kurang lebih berarti "Ya, saya bisa membuat beberapa pilihan yang berbeda dalam hidup namun saya telah melakukan apa yang telah saya lakukan, baik dan buruknya dan saya bukanlah yang dulu lagi, saya telah berubah, itu semua adalah bagian dari pengembangan diri".

Bagian dari Pengembangan Diri 


Hallo rekan-rekan.. Selamat berjumpa kembali pada blog pembelajaran English kita ini. Pada kesempatan kali ini penulis ingin mengulas sedikit tentang kutipan di atas kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Inggris. Ada beberapa poin yang dapat kita ambil sebagai bahan pembelajaran. Well guys, langsung saja kita ke ulasan singkatnya ya. Here we go..


Ulasan Singkat

Pada kata yang ditandai atau dimarking dengan kotak warna abu-abu yaitu "yes, different choices, I'm not who I was, dan growing up" adalah kata-kata yang memiliki makna paling kuat dalam kutipan ini.
  • Yes (ya).

    Kata ini menjelaskan bahwa penulis kutipan tersebut ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bernada meragukan atas keputusan-keputusan penting yang telah dia ambil dalam hidupnya. Misalnya, jika sang penulis kutipan memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat dia bekerja, kemudian orang-orang dekatnya bertanya-tanya, mengapa kamu resign kan sudah enak kerja di tempat sekarang, perusahaannya besar, gaji lumayan, bonus cukup gede, pokoknya masa depan udah terjaminlah.
    Penulis kutipan itu akan menjawab "Ya, saya bisa membuat pilihan untuk tetap bekerja pada perusahaan yang sekarang dan fokus untuk mengembangkan karir, tapi saya punya cita-cita lain yang harus saya bangun lagi dari awal, jadi saya harus mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang.
  • Different choices (pilihan berbeda)

    Kata ini menggambarkan bahwa penulis kutipan sebenarnya memiliki beberapa opsi dalam hidupnya yang menurut kebanyakan orang bahwa hal-hal tersebut adalah hal yang luar biasa, hebat dan sebagainya. Namun bagi sang penulis kutipan, mengikuti kata hatinya lebih utama dan tinggi nilainya dibandingkan dengan hal-hal hebat yang dipuja-puji orang banyak tersebut. Baginya, meskipun pilihan hatinya dianggap biasa-biasa saja atau lebih rendah dari apa yang seharusnya dia bisa pilih pada opsi lainnya, namun baginya mengikuti kata hati tetaplah hal paling utama dalam menjalani hari-hari dalam kehidupannya.
  • I'm not who I was (Saya bukan diri saya yang dulu lagi)

    Kata ini adalah penegasan dari penulis kutipan bahwa dia telah berhasil mengikuti kata hatinya dengan menyatakan bahwa dia tidaklah seperti yang dulu lagi. Misalnya dulu dia tidak bergairah mengisi hari-harinya dengan aktivitas yang membosankan, kini setelah melakukan hal-hal yang sesuai kata hatinya, dia akhirnya berhasil mendapatkan kembali gairah dan semangatnya dalam menjalani rutinitas sehari-hari.
     
  • Growing up

    Kata ini adalah tujuan dari semua yang telah dikatakan sebelumnya oleh penulis kutipan. Dia ingin mengembangkan dirinya, ingin tumbuh menjadi lebih baik, makanya dia berani mengorbankan kenyamanan-kenyaman yang telah didapatkannya demi untuk belajar hal-hal baru lagi agar mampu mengembangkan potensi dirinya.

    Menurut Carol Linn Miller melalui quora.com, definisi dari Growing up adalah "Growing up means learning to accept responsibility for consequences of  your actions and don' not point fingers and  insist  everything  bad that happens to you is somebody else's fault" (Growing up berarti belajar menerima tanggungjawab atas segala konsekuensi dari tindakan anda dan tidak melemparkan hal-hal buruk dalam hidup Anda pada kesalahan orang lain).

Sedang menurut beberapa kamus, growing up berarti tumbuh menjadi dewasa baik dari segi fisik maupun mentality. Adapun pada kata yang saya garis bawahi adalah kata yang akan kita ulas berkaitan dengan tata bahasa atau grammar.
  • Did

    Menunjukkan bahwa perbuatan sang penulis terjadi di masa lalu (bentuk waktu lampau). "I did what I did". Aku melakukan apa yang Aku lakukan". Maksudnya adalah dia melakukan apa yang dilakukannya itu di masa lampau (telah terjadi).
    Bagaimana jika kita ubah menjadi bentuk masa sekarang ? Kita tinggal mengubah kata "did" menjadi "do". Jadinya, "I do what I do". Aku melakukan apa yang aku lakukan (di masa sekarang).
    Begitupula jika kita ingin mengubahnya di waktu akan datang, kita tinggal mengganti kata "did" menjadi "will do". Jadinya "I will do what I will do". Aku akan melakukan apa yang akan Aku lakukan. Sederhana saja kan guys. Hehe..
  • Was

    Adalah tobe untuk kalimat berbentuk lampau. Tobe itu sendiri adalah kata yang bertujuan sebagai penghubung antara subjek dengan predikat. Dalam Bahasa Indonesia tobe bisa berarti ada atau adalah dan bisa juga tak memiliki arti. Contohnya, she is beautiful (dia cantik). Tobe di sini tidak memilik arti.
    Untuk kalimat yang terjadi di masa lampau, tobenya adalah was dan were. Was digunakan untuk subjek "I, He, She dan It", sedangkan were digunakan untuk subjek "You, They dan We". Sedangkan tobe untuk kalimat yang terjadi di masa sekarang adalah "am, are dan is". Dan untuk kalimat yang terjadi di masa akan datang, tobe nya adalah "will/shall".
    Jadi kalimat "I'm not who I was" terjadi di masa lampau dan jika kita ingin menggantinya dengan kalimat masa sekarang maka jadinya "I'm not who I'm".
  • Moved on

    "Moved on" adalah kata berbentuk lampau. Kata bentuk sekarangnya adalah "move on". Kata ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena kata ini sangat populer khususna bagi orang-orang yang sedang galau. Begitu mereka telah bangkit dari kegalauannya mereka akan berkata " Aku udah move on neh dari yang kemaren, kini saatnya untuk mencari yang baru. Hehe..
    Namun move on tak hanya sebatas itu artinya. Menurut macmillandictionary.com, move on memiliki 5 definisi dan sinonim, diantaranya :
    1. To leave one place and travel to another (Berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya).
    2. To stop discussing or doing something and begin discussing or doing something different (Berhenti berdiskusi atau melakukan sesuatu dan mulai berdiskusi atau melakukan sesuatu yang berbeda).
    3. To change your ideas, attitudes, behaviour etc (Mengubah ide, sikap, perilaku, dll).
    4.To start to continue with your life after you have dealt successfully with a bad experience (Memulai kembali hidup Anda setelah sukses berdamai dengan pengalaman buruk).
    5. To leave a place when someone in authority tells you to (Meninggalkan sebuah tempat karena seorang yang berwenang meminta Anda untuk pergi).

Berdasarkan kelima pengertian tersebut, yang paling tepat untuk mengartikan kata move on yang ada pada kutipan yang kita bahas kali ini adalah pengertian nomor 2, "doing something different" (melakukan sesuatu yang baru). 
Demikian ulasan singkat untuk materi pembelajaran kita yang berupa kutipan motivasi ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua, khususnya kepada diri penulis sendiri. Dan tak lupa kita mengucapkan terima kasih yang besar kepada penulis kutipan tersebut karena apa yang beliau tuliskan benar-benar dalam maknanya dan inshaAllah akan mampu meningkatkan motivasi kita semua.

Sampai jumpa inshaAllah pada artikel selanjutnya.. 

    Tag : Motivasi
    0 Komentar untuk "Part of Growing Up"

    Back To Top